Pertanyaan kepada Santriah Lama oleh Pimpinan Pesantren Modern Misbahul Ulum pada Acara Khutbatul Iftitah 3

Menyambut Santri Baru, Misbahul Ulum Gelar Kuliah Umum Kepesantrenan

Misbahul Ulum – Suasana menyambut santri baru, Pesantren Modern Misbahul Ulum menggelar kuliah umum kepesantrenan (Khutbatul Iftitah), acara ini sebagai bentuk pekan perkenalan tentang bagaimana sejarah, cara beradaptasi dan tujuan untuk masuk Pesantren selama enam tahun kedepan. (16/07/20)

Kuliah umum kepesantrenan merupakan salah satu agenda yang bersifat wajib disetiap tahunnya, acara ini digelar selama dua hari 16 dan 18 Juli 2020 juga dihadiri oleh seluruh santri, santriah dan majelis guru. Dalam acara tersebut berbagai materi diulas tuntas oleh Pimpinan Pesantren Modern Misbahul Ulum beserta para Wakil Pimpinan di aula Teuku Umar dan Cut Nyak Dhien.

Pimpinan Pesantren Modern Misbahul Ulum pada Acara Khutbatul Iftitah di Kawasan Santriah

Selanjutnya, dalam menjalankan seluruh aktivitas yang ada di Pesantren Modern Misbahul Ulum, semua harus berpedoman pada sunnah sebagai acuan dasar Pesantren. Salah satu sunnah yang sangat terkesan oleh seluruh santri dan santriah adalah Khutbatul Iftitah.

Khutbatul Iftitah adalah sebuah program yang menjelaskan tentang nilai-nilai dan sejarah berdirinya Pesantren Modern Misbahul Ulum. Pada acara tersebut juga dijelaskan tentang visi, misi, penjabararan nilai-nilai Panca Jiwa, perkembangan pembelajaran dan aspek sosial serta peraturan kedisiplinan yang berada di Pesantren.

Pertanyaan kepada Santriah Lama oleh Pimpinan Pesantren Modern Misbahul Ulum pada Acara Khutbatul Iftitah 2

Kemudian, bagi santri akhir Khutbatul Iftitah menjadi ajang pengingat mengenai peraturan yang telah mereka lalui selama lima tahun berada di Misbahul Ulum. Untuk menjadi santri yang sukses banyak hal yang harus diperhatikan agar lulusan nantinya dapat berguna bagi agama dan bangsa.

Khutbatul Iftitah adalah fase yang sangat menentukan arah untuk mencapai tujuan setelah menyelesaikan pendidikan di Pesantren Modern Misbahul Ulum. Laksana menyiapkan bekal untuk membanggakan orang tua dan masyarakat nantinya.

“Ingat hidup janganlah seperti kera makan manggis, seekor kera hanya melihat fisik luar dari buah manggis, namun kera tidak pernah tau betapa manisnya isi dari buah manggis tersebut. Hal itu sama halnya dengan kita yang sering mengeluh karena kondisi kehidupan saat belajar di Pesantren, namun kita tidak menyadari indahnya hasil yang akan kita petik setelah bersusah payah dalam menuntut ilmu.” Ujar Dr. Hamdani Khalifah, M.A selaku Pimpinan Pesantren Misbahul Ulum di aula Cut Nyak Dhien.

Khutbah Iftitah Menyambut Santri Baru Oleh Pimpinan Pesantren Modern Misbahul Ulum

Khutbatul Iftitah Santri Pesantren Modern Misbahul Ulum disampaikan oleh Pimpinan Pesantren 5

Selanjutnya, berbagai kata kata bijak diulas dengan makna kehidupan di Pesantren, untuk mengantisipasi hal itu ulasan demi ulasan menjadi penting kiranya untuk dipahami dan di terapkan dalam kehidupan.

Pelantikan Santri Kelas Lima sebagai Pengurus Asrama yang Baru

Sebagai akhir dari acara Khutbatul Iftitah, Pimpinan dan Wakil Pimpinan bagian Pengasuhan juga melantik santri dan santriah kelas lima sebagai pengurus asrama periode 2020/2021. Dengan wajah baru dan sistem yang terus ditingkatkan kita berharap Misbahul Ulum dapat melahirkan generasi cerdas di masa yang akan datang. Red.JZ

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *